You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Punggur Kapuas

Desa Punggur Kapuas

Kec. Sungai Kakap, Kab. Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA PUNGGUR KAPUAS, KECAMATAN SUNGAI KAKAP, KABUPATEN KUBU RAYA, KALIMANTAN BARAT

Profil Wilayah Desa

Administrator 14 Oktober 2022 Dibaca 331 Kali

1. Peta Desa

 

Berdasarkan pada gambar diatas, menunjukkan bahwa terdapat batas-batas wilayah yang ada di Desa Punggur Kapuas. Seperti yang ditunjukkan pada warna kuning merupakan wilayah Dusun Betutu Raya, warna biru merupakan wilayah Dusun Kasih, dan warna hijau merupakan wilayah Dusun Selat Kering.

2. Letak Wilayah

Secara administrasi batas Desa Punggur Kapuas adalah sebagai berikut:

NO.

BATAS WILAYAH

DESA

KECAMATAN

1

Sebelah Timur

Punggur Besar

Sungai Kakap

2

Sebelah Barat

Tanjung Saleh

Sungai Kakap

3

Sebelah Utara

Kalimas

Sungai Kakap

4

Sebelah Selatan

Punggur Besar

Sungai Kakap

 

Selain itu, Desa Punggur Kapuas memiliki jarak tempuh sejauh 10 Km ke Ibu Kota Kecamatan Sungai Kakap, dengan akses jalan yang melewati wilayah Desa Kalimas. Kemudian untuk menuju ke Ibu Kota Kabupaten, Desa Punggur Kapuas membutuhkan waktu ± 1,5 jam dengan menempuh jarak sejauh 35 Km.

3. Luas Wilayah

Desa Punggur Kapuas memiliki wilayah administratif seluas 2.883 Ha, dimana sebagian besar wilayahnya didominasi oleh lahan pertanian dan perkebunan yaitu seluas lebih dari 50%, atau sebesar 1.665 Ha. Kemudian untuk lahan pemukiman di Desa Punggur Kapuas yaitu sebesar 100Ha.

4. Topografi

Dilihat dari ketinggian tanahnya, Desa Punggur Kapuas didominasi dengan wilayah dataran rendah, dengan luas tanah basah sebesar 993 Ha, dan luas tanah kering sebesar 225 Ha. Sedangkan dilihat dari tekstur tanahnya, sebagian besar wilayah desa memiliki tekstur tanah lempungan yang sesuai untuk lahan pertanian dan perkebunan, dan memiliki luas tanah perkebunan sebesar 1.665 Ha.

Desa Punggur Kapuas memiliki bentangan wilayah pesisir seluas 253 Ha, kemudian wilayah bantaran sungai memiliki luas sebesar 17 Ha. Selain itu, terdapat wilayah rawan banjir di Desa Punggur Kapuas seluas 512 Ha dan wilayah bebas banjir seluas 2.352 Ha

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image