You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Punggur Kapuas

Desa Punggur Kapuas

Kec. Sungai Kakap, Kab. Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA PUNGGUR KAPUAS, KECAMATAN SUNGAI KAKAP, KABUPATEN KUBU RAYA, KALIMANTAN BARAT

TIM KKN-PPM UGM 2022-KB003 Unit Sungai Kakap Melaksanakan Kegiatan Edukasi EBT dan Konservasi Energi

Admin Desa Punggur Kapuas 09 September 2022 Dibaca 62 Kali
TIM KKN-PPM UGM 2022-KB003 Unit Sungai Kakap Melaksanakan Kegiatan Edukasi EBT dan Konservasi Energi

Kamis (21/7) TIM KKN-PPM UGM 2022-KB003 Unit Sungai Kakap  melaksanakan kegiatan Edukasi EBT dan Konservasi Energi di SMP N 13 SATAP Sungai Kakap. Pelaksanaan Kegiatan KKN-PPM UGM merupakan salah satu bentuk perwujudan dari dilaksanakannya tri dharma perguruan tinggi yaitu mengabdi kepada masyarakat oleh Universitas Gadjah Mada  yang merupakan salah satu perguruan tinggi terbesar di Indonesia. UGM mengirimkan ribuan mahasiswanya ke seluruh penjuru Indonesia yang salah satunya adalah TIM-KKN PPM UGM 2022-KB003 yang melaksanakan kegiatan KKN di Kecamatan Sungai Kakap.

Salah satu bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh TIM KKN-PPM UGM 2022-KB003 Unit Sungai Kakap Sub-Unit Desa Punggur Kapuas adalah Kegiatan Edukasi EBT dan Konservasi Energi. Dewasa ini pengembangan EBT atau Energi Baru dan Terbarukan merupakan salah satu topik hangat yang sedang dikembangkan oleh peneliti. Sumber energi yang saat ini digunakan di dunia khususnya di Indonesia sendiri merupakan energi yang tidak terbarukan yang artinya energi tersebut sewaktu-waktu dapat habis. Selain itu berbagai kerusakan lingkungan yang dapat ditumbulkan oleh kegiatan pertambangan sumber bahan bakar fosil juga dapat mempengaruhi kualitas lingkungan. Sebagai contoh permasalahan yang timbul adalah terjadinya pemanasan global dan juga perubahan iklim.

Banyaknya permasalahan yang ditimbulkan oleh energi fosil seperti minyak bumi menjadi PR bagi kita semua untuk dapat menemukan cara yang tepat untuk dapat mengganti sumber energi utama kita dengan sumber energi yang terbarukan. Terdapat berbagai macam sumber energi terbarukan yang dapat kita peroleh dari alam seperti matahari, angin, air, serta biomassa. Menemukan cara yang tepat untuk dapat mengelola sumber energi terbarukan merupakan tujuan yang harus segera kita capai.

Siswa SMP merupakan generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa dimasa depan. Oleh karena itu penting rasanya memperkenalkan mengenai sumber energi yang baru dan terbarukan serta konservasi energi kepada Siswa SMP N 13 SATAP Sungai Kakap. Dengan memperkenalkan energi baru dan terbarukan sejak SMP maka akan meningkatkan rasa kepedulian Siswa SMP N 13 SATAP terhadap lingkungan sehingga kedepannya Indonesia akan di isi oleh masyarakat yang peduli dengan lingkungan.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image